Skip to content

10 Tips untuk mengamankan akun Facebook anda

November 15, 2009

  1. Hindari login facebook dari http://www.facebook.com/
    Halaman tersebut tidak di enkripsi. Informasi login anda (email dan password)harusnya di enkripsi. Karena form login itu berada di dalam frame login, pengguna tidak dapat melihat apakah data kita itu terenkripsi atau tidak.
    Cara lain untuk mengetahui apakah halaman web tersebut cukup aman adalah melihat ada tidaknya tanda gembok pada kanan bawah layar. Contoh gambar yang tidak ada tanda gemboknya
  2. Lakukan login facebook dari https://login.facebook.com/login.php?login_attempt=1
    Bila Anda login dari http://www.facebook.com, klik tombol login tanpa isi email dan password.
    Anda akan secara otomatis diarahkan ke halaman login yang sudah dienkripsi.
    Anda dapat memeriksa halaman login yang sudah dienkripsi, dengan mencari tanda gembok di kanan bawah browser, seperti di gambar di bawah ini.
  3. JANGAN melanjutkan proses login jika ada suatu peringatan / tanda keamanan.
    Jika anda klik Yes, mungkin ada orang jahat yang mau menyerang halaman yang dienkripsi tersebut (ini bisa terjadi pada sesi https sekalipun). Jika terlanjur meng-klik Yes, tekan tombol ESC pada keyboard Anda untuk menghentikan proses login.
  4. JANGAN lupa untuk logout (Berlaku untuk semua hal yang berhubungan dengan sesi login)
    Jika Anda tidak menggunakan komputer sendiri (seperti di warnet), dengan hanya menutup browser akan meninggalkan sesi login yang bisa digunakan oleh orang lain. Saya sendiri menemukan banyak sekali hal ini di depan PC di warnet. (terkecuali untuk beberapa warnet yang memakai deep freeze pada system komputernya, dan sudah di restart)
  5. JANGAN membuka Windows dan bekerja dengan hak istimewa administrator (system administrator privilege).
    Berselancar di Internet, membuka email, foto, dokumen dan kegiatan lainnya seharusnya tidak menggunakan account pengguna dengan hak istimewa administrator. Tindakan itu sebenarnya sangatlah berbahaya! Sayangnya, mayoritas pengguna Windows bekerja dengan hak istimewa administrator.
    Jadi sebaiknya para pengguna Windows (terkecuali administrator), dapat menggunakan akun tamu (Guest) jika ingin bekerja di dalam lingkungan Windows.
  6. Awas bahaya dari Facebook Widget.
    beberapa Widget pada facebook, adalah aplikasi yang dibuat oleh pihak ketiga, dan memungkinkan para programmer widget tersebut untuk mengakses informasi sensitif atau menginstal spyware di komputer target. Salah satunya yang sudah pernah muncul di Facebook adalah aplikasi: Secret Crush yang menyerang data pengguna Facebook.
  7. Awas akan komputer yang tidak aman.
    Komputer yang tidak aman disini dalam pengertian bahwa komputer tersebut tidak di patch, tidak memiliki update anti virus, atau yang terinfeksi oleh malware. Komputer yang terinfeksi oleh worm Koobface (koob = buku), atau Keylogger malware yang mencuri password pengguna.
  8. Hati-hati dengan koneksi Wi-Fi koneksi internet yang Anda pakai.
    Proses login facebook hanya dienkripsi menggunakan SSL / TLS (https). Facebook cookie Anda dapat dengan mudah diambil dari udara. Wi-Fi dilindungi dengan enkripsi WEP dapat dengan mudah disusupi dalam maksimal 10 menit. Orang jahat bisa mensetup jalur akses Wi-Fi gratis, dia akan memberikan akses gratis, agar orang tersebut dapat melihat semua aktifitas kegiatan ber internet Anda, termasuk Facebook cookie. Jangan menyimpan informasi pribadi atau sensitif di Facebook.
  9. Pikirkan keamanan pertama kali sebelum meng klik sesuatu.
    Meng – klik link website yang ada di Wall Facebook adalah risiko. Orang jahat dan malware (berbahaya) yang tersebar seperti Koobface, mereka menggunakan Wall Facebook untuk mem-post-kan link website jahat tersebut. Ada juga meniru nama keluarga atau teman Anda di Facebook, dengan menciptakan account lain dengan nama yang.
  10. Membuat keluarga dan teman-teman Anda sadar.
    Kunci untuk membuat Anda aman dalam ber internet adalah untuk memastikan keluarga dan teman-teman juga menyadari berbagai risiko keamanan. Berbagi artikel ini (melalui email, Facebook, dll) akan membantu saya, Anda, keluarga dan teman-teman Anda sadar akan berbahaya berselancar di dunia maya.

Catatan:
Biasakan meng-update operating system Anda, dan juga lengkapilah dengan Antivirus yang ter-update. Jika Antivirus Anda belum dilengkapi dengan Anti SPAM (untuk eMail), Anti Malware & Spyware. Segeralah mendownloadnya di sini. /*

Tips diatas dikutip Facebookinfo dari : http://catatanbadsector.blogspot.com/2009/04/1.html

3 Komentar leave one →
  1. November 17, 2009 4:45 am

    aku sll pakai http://www.facebook.com

  2. Glenn Fuhrer permalink
    Agustus 14, 2010 5:53 am

    Mau belajar buat web….

  3. yanti permalink
    Januari 25, 2011 12:23 pm

    saya mau tanya bagaimana memperbaiaki situs web jika sudah terlanjur tidak dienkripsi?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: